Khasiat Buah Apel Untuk Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke

Khasiat Buah Apel Untuk Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke

Khasiat Buah Apel Untuk Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke
Apel yang juga memiliki nama lati "Malus Domestica" adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah. Namun seiring dengan perkembangannya, buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia. Apel merupakan buah yang identik dengan warna kulit buah yang berwarna merah. Hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuknya yang bulat dan rasa apel itu sendiri. Karena apel digolongkan ke dalam jenis buah-buahan, maka apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Banyak riset yang menyebutkan bahwa apel mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, hingga saat inipun apel masih menjadi bahan menarik untuk diteliti. Oxford University baru-baru ini merilis temuannya yang dipublikasikan oleh dailymail yang menyebutkan bahwa, konsumsi 1 buah apel/hari, bagi mereka yang berusia diatas 50 tahun, mampu menghindarkan dari bahaya serangan jantung, sama efektifnya dengan obat golongan statin. Para ilmuwan memperhitungkan bahwa satu apel/hari yang diberikan kepada mereka yang berusia 50 tahun keatas mampu menurunkan angka kejadian serangan jantung dan stroke sebanyak 8.500/tahun di Inggris.

Riset ini di dasari oleh pernyataan Victoria yang mengatakan bahwa “Sebuah apel sehari membuat dokter pergi.” Dr Adam Briggs (Riset Kesehatan Yayasan Jantung Oxford University Inggris) mengatakan bahwa apa yang dikatakan Victoria hanya ingin menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam diet sehat sangat efektif dalam memelihara kesehatan tubuh, khususnya dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke. Penting pula untuk diperhatikan bahwa pada mereka yang sudah mengkonsumsi obat penurun kolesterol statin bukan berarti dapat menggantinya dengan apel, namun dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektif.

Menurut para ilmuwan, siapa pun yang mengkonsumsi satu apel sehari mampu mengurangi risiko sebesar 12% terhadap serangan jantung dan stroke, setara dengan obat penurun kolesterol statin. Menurut para ilmuwan, tambahan perlidungan sebesar 12% juga akan didapat ketika mengkonsumsi apel yang kedua.

Mereka juga mencatat, semakin banyak dan beragamnya porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari mampu memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap risiko kematian akibat penyakit vascular ini.

Dr Peter Coleman dari Asosiasi Stroke mengatakan : “Meskipun para penderita stroke wajib mengkonsumsi obat statin, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan diet seimbang.

Selain untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, buah apel juga dapat mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

                               Obat Batu Ginjal
                               Obat Maag Kronis
                               Obat Ginjal Bengkak 

Khasiat Buah Apel Untuk Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar